Mencengangkan! Inilah 10 negara berpolusi tinggi di dunia versi WHO

Polusi adalah masalah utama lingkungan kita. Adanya polusi membuat lingkungan semakin nggak nyaman untuk ditinggali. Selain berbahaya bagi manusia, polusi juga bisa merusak keseimbangan lingkungan.

Saat ini seluruh dunia tak bisa lepas dari bahaya polusi. Apalagi di negara-negara maju. Industri di negara tersebut tentunya menjadi penyebab polusi dan pengrusakan lingkungan.Selain industri, jumlah penduduk juga bisa menjadi salah stu penyebab adanya polusi. Karena polusi sudah menjadi masalah umum yang dihadapi seluruh dunia, WHO mengelompokkan negara-negara dengan polusi tinggi di seluruh dunia. Dilansir dari tentik, inilah 10 negara dengan tingkat polusi tinggi.

1. Cina

Polusi di Cina via vogue
Polusi di Cina via vogue

Cina merupakan negara dengan penduduk terpadat nomor satu di dunia. Sayangnya, hal itu juga mempengaruhi tingkat polusi di sana. Negara ini juga merupakan negara dengan tingkat polusi tertinggi nomor satu di dunia. Perkembangan industri yang sangat pesat di Cina dan jumlah penduduk yang mencapai 1.3 milyar berkontribusi atas melekatnya predikat tersebut pada negara ini. Polusi di Cina disebabkan dari sektor transportasi, produksi makanan, udara, perkantoran, dan lain sebagainya.

2. Amerika

Cerobong asap via techtimes
Cerobong asap via techtimes

Siapa bilang negara adidaya bebas polusi? Malah dengan majunya sebuah negara, terdapat kemungkinan tinggi pula tingkat polusinya. Amerika adalah negara yang sangat maju. Negara ini mampu menguasai seluruh ekonomi dunia , karena perkembangan industrinya yang pesat. Nggak nyangka, polusi di negara ini  sudah menjapai 5,4 milliar ton per tahunnya. Walaupun sudah ada denda sebesar USD 25.000, tak membuat para pengusaha-pengusaha besar di Amerika jera. Denda sebesar tersebut dianggap tidak terlalu merugikan perusahaan mereka.

3. India

Gadis diantara sampah via prezi
Gadis diantara sampah via prezi

Produksi karbon dioksida di negara ini cukup tinggi. Hal itu dikarenakan pembangunan pabrik di India mengalamai kemajuan yang pesat. Di sana, kamu juga bakalan melihat anak-anak bekerja dengan upah yang sedikit. Negara dengan penduduk terpadat nomor 2 di dunia ini mempunyai tingkat polusi udara yang cukup tinggi, yakni 2 miliar ton per tahunnya. Polusi ini berasal dari sektor industri yang sedang berkembang di negara tersebut.

4. Rusia

Norilsk, Russia via pinterest
Norilsk, Russia via pinterest

Walaupun negara ini memiliki penduduk yang tidak begitu banyak sekitar 141.950.000, tingkat polusi di Rusia sudah mencapai 1,7 miliar ton gas per tahun. Hal itu disebabkan karena tiap tahun, Rusia melepaskan sebanyak 500 ton nikel dan tembaga serta 2 juta sulfur oksida ke udara. Karena tingginya tingkat polusi, pekerja pabrik di negara ini mengalami penurunan harapan hidup hingga 10 tahun dibanding dengan penduduk yang bekerja di bidang lainnya.

5. Jepang

Polusi udara Fuji, Jepang via demographia
Polusi udara Fuji, Jepang via demographia

Setiap tahunnya Jepang menghasilkan polusi sebesar 1,2 miliar ton gas. Pemerintah setempat selalu berupaya untuk menurunkan tingkat polusi yang dihadapi negara Matahari terbit ini, tapi usaha tersebut belum menuai hasil yang memuaskan. Jepang berada dalam 5 besar negara berpolusi tinggi di dunia. Polusi di negara ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, bidang industri, wilayah perkotaan, dan transportasi umum.

6. Jerman

Polusi udara Jerman via envirocivil
Polusi udara Jerman via envirocivil

Tingkat polusi yang berkisar diantara 762 juta ton gas membuat Jerman masuk dalam 10 besar negara berpolusi tinggi di dunia. Karena hal itu, negara ini getol melakukan usaha untuk mengurangi tingkat polusi. Salah satu caranya yaitu dengan membuat suatu tanaman yang bisa mendaur ulang polusi udara dari batu bara dan sejenisnya. Jerman juga optimis pada tahun 2020, konsumsi listrik di negara ini akan berkurang sebanyak 13%

7. Iran

Berkendara dengan masker via payvand
Berkendara dengan masker via payvand

Polusi di negara ini bisa terbilang parah hingga merusak ekologi di Laut Caspian. Polusi di Iran disebabkan oleh limbah pabrik dan limbah rumah tangga yang terus meningkat. Diperkirakan setiap tahunnya, polusi di Iran menghasilkan gas karbon dioksida sebanyak 574 juta ton.

8. Korea Selatan

Cerobong asap di kota via envirocivil
Cerobong asap di kota via envirocivil

Negara yang banyak dikenal dengan drama dan lagu-lagunya yang asik ini ternyata juga memiliki polusi yang tinggi. Setiap tahum, Korea Selatan diperkirakan menghasilkan 563 juta ton gas. Polusi di negara ini diakibatkan oleh sisa-sisa industrial. Selain itu, emisi gas kendaraan juga turut menyumbang tingginya tingkat polusi di Korea Selatan.

9. Kanada

Polusi udara Kanada via photoshelter
Polusi udara Kanada via photoshelter

Penelitian menyebutkan, bahwa polusi udara, air, dan suara di negara ini disebabkan dari sektor industri pertambangan. Bahkan mamalia laut di Kanada seperti paus misalnya, mengalami kematian dalam jumlah yang besar karena kanker. Sayang sekali, negara yang disebut memiliki lingkungan terindah di duni ini menghasilkan karbon dioksida sebanyak 614 juta ton per tahun.

10. Saudi Arabia

Lalu lintas padat via theneweconomy
Lalu lintas padat via theneweconomy

Negara yang menguasai seperlima minyak dunia dan penghasil petroleum terbesar di dunia ini menghasilkan gas karbon dioksida sebanyak 490 juta ton per tahun. Polusi tersebut didapat dari emisi kendaraan bermotor serta didukung oleh iklim Saudi Arabia yang kering dan berangin. Nggak heran deh kalau negara ini merupakan negara dengan polusi tinggi di dunia.

Indonesia memang tidak masuk dalam list tersebut. Namun, seperti yang kita ketahui polusi di Indonesia juga berada dalam tingkat yang memprihatinkan. Jaga lingkunganmu, share ke teman-teman yang lain agar Indonesia tetap tak masuk di daftar negara paling berpolusi di dunia.