10 Pekerjaan ini COCOK untuk lulusan sarjana semua jurusan

Habis lulus kuliah, kerja di mana ya yang sesuai sama jurusan? Kuliah belum juga lulus tapi sudah bingung mau kerja di mana, cari yang sesuai sama jurusan pula. Tapi wajar, masa-masa akhir kuliah adalah masa di mana kamu yakin dan idealis. Kamu percaya (dan agak ngeyel) “Pokoknya harus kerja sesuai sama jurusan!” Gitu.

Padahal, kamu bisa juga lho kerja di bidang yang beda dari jurusan saat kuliah. Misal, seperti 10 pekerjaan ini. Walau berbasis pada bidang tertentu, ternyata pegawainya datang dari segala jurusan. Apa saja profesinya?

1. Pegawai bank

Kamu nggak harus harus lulusan Ekonomi, Bisnis atau Akutansi untuk bisa jadi pegawai bank. Hampir semua lulusan semua jurusan bisa menjadi pegawai bank seperti teller dan CS (Customer Service)

teller bank
Teller bank via bidakara.ac.id

Biasanya, saat sebuah bank menjadi pekerja untuk posisi teller atau CS, mereka hanya meminta syarat seperti usia maksimal, memiliki tinggi dan berat yang proporsional, punya skill komunikasi yang baik dan berstatus single.

2. Customer Service

Tidak jauh berbeda seperti poin nomor 1, pekerjaan sebagai Customer Service biasanya juga tidak dibatasi untuk satu jurusan kuliah saja. Syarat umum yang diminta biasanya hanya lulusan D3 atau S1 segala jurusan.

CS
Customer Service via entrepreneur.com

Karena job desc CS yang mengharuskan mereka bertemu dan melayani banyak orang, umumnya untuk menjadi CS hanya diminta untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

3. Agen asuransi

Posisi sebagai agen asuransi juga diisi oleh lulusan dari berbagai jurusan. Artinya, gelar sarjana dari jurusan tertentu bukan syarat mutlak untuk bisa jadi agen asuransi. Yang kamu perlukan hanyalah konsitensi. Ingat film Merry Riana? Ia yang masih muda,minim kenalan apalagi modal tapi bersikap konsisten ketika menjadi agen asuransi.

Chelsea islan Merry riana
Film Merry Riana via youtube.com

Bahkan ada juga yang percaya kalau menjadi agen asuransi hanya perlu satu skill, yaitu bicara. Selama kamu bisa mencari celah pembicaraan tentang kebutuhannya dan produk asuransi yang kamu pegang dengan calon nasabah, rasanya jurusan bukan nomor satu.

4. Sales

Tidak perlu ambil kuliah jurusan pemasaran atau marketing untuk bisa jadi sales. Kalau ingin jadi salesman atau salesgirl, kamu hanya harus percaya dan melakukan satu kalimat ini; buat yang tidak mungkin jadi mungkin.

meme sales
Meme sales via kaskus.co.id

Kalau kamu sangat jago meyakinkan orang lain, jadilah sales. Nggak perlu takut nggak cocok sama jurusan kuliah.

5. SPG

Ini pekerjaan yang mayoritas diisi oleh wanita, tidak peduli dari jurusan apa saja. Lulusan SMA pun banyak yang tertarik untuk menjadi SPG. Profesi ini juga bermacam-macam, ada SPG rokok, SPG untuk pameran mobil sampai SPG sapi yang ramai saat akan Idul Adha.

spg sapi
SPG sapi via news.detik.com

Asal kamu punya penampilan menarik, pandai merayu eh membujuk calon pelanggan untuk beli produk, kamu bisa jadi SPG. Biasanya pekerjaan ini datang musiman dan dijadikan kerjaan sampingan, karena itu ada pemasok SPG.

6. Penulis buku

Semua orang bisa menjadi penulis, tidak harus dari jurusan bahasa dan sastra saja. Contohnya, Raditya Dika. Ia pernah kuliah jurusan Finance University of Adelaide dan merupakan lulusan S1 Ilmu Politik di FISIP UI. Tapi bukannya bekerja di bidang politik, ia malah sukses sebagai pelopor standup comedy dan penulis buku (yang beberapa juga diangkat jadi film layar lebar).

menulis
Menggunakan laptop via citizen6.liputan6.com

Dari jurusan mana pun kamu, asal kamu punya passion dan tekun menulis kamu pasti bisa jadi penulis buku.

7. Wartawan

Jadi wartawan atau jurnalis juga tidak harus dari jurusan Jurnalistik di FISIP. Kalau kamu sudah berjiwa kepo dan tanggap, ketika kamu melamar sebagai wartawan kamu akan dibekali training untuk menjadi wartawan sesuai standar.

wartawan
Wartawan via spiritriau.com

Selain harus berpendidikan minimal sarjana, biasanya salah satu syarat untuk lolos seleksi jadi wartawan adalah memiliki kemampuan berbahasa, punya naluri kepedulian, kritis serta agresif dan bisa dipercaya.

8. Artis internet

Selebgram, youtuber adalah profesi yang dinilai menjanjikan. Yang kamu butuhkan bukan gelar sarjana tertentu, tapi karakter. Makin unik karakter yang kamu miliki atau setidaknya yang kamu tampilkan di medsos, makin cepat kamu terkenal.

selebgram
Selebgram Joyagh & Youtuber Edho zell via berbagai sumber

Biasanya, setelah dikenal di jejaring sosial alias dunia maya, kamu juga punya peluang untuk muncul di TV dan dikenal lebih banyak orang. Misal seperti Bayu Skak, youtuber yang awalnya terkenal di Jawa Timur kini sudah men-Jakarta.

9. Musisi

Musisi tidak hanya penyanyi, anak band, pemain alat musik sampai komposer juga disebut sebagai musisi. Dan untuk jadi musisi kamu juga tidak perlu harus lulusan jurusan seni musik, walaupun itu akan sangat membantu.

rizky febian
Rizky Febian via showbiz.liputan6.com

10. Guru les privat

guru les
Guru les via lesprivatbsm.com

Tidak hanya mereka yang dari jurusan Pendidikan saja yang bisa menjadi tenaga pendidik seperti guru les. Bahkan jurusan pertanian pun jika punya bahasa Inggris yang bagus juga bisa jadi guru les bahasa Inggris.

Tuh, masa depan kerjamu tidak selalu hanya dibatasi dan ditentukan oleh jurusan kuliah yang kamu ambil. Buktinya banyak juga kan profesi yang bisa menerima lulusan semua jurusan. Sekarang, jangan khawatir kamu nggak dapat lapangan pekerjaan hanya karena jurusan kuliah.

Semangat! Semangat kuliah, semangat selesaikan kuliah dan bekerja sesuai skill dan passion!