TRAGIS! 10 penemu ini justru meninggal karena penemuannya

Alat-alat canggih yang kita pakai saat ini tentu ada penemunya dong. Nggak mungkin kalau tiba-tiba nongol gitu aja terus kita pakai. Semua alat pasti ditemukan oleh seseorang.

Untuk menemukan alat yang berguna, mereka rela mengorbankan segalanya lho. Kalau kamu baca-baca biografi para penemu dunia, nggak terhitung deh berapa banyak pengorbanan yang sudah mereka lakukan. Termasuk keluarga, harta, kehidupan sosial, dan bahkan nyawa mereka sendiri. Waduh! Tragis banget nggak sih?

Salah satunya penemu kapal Titanic. Tau kan kapal besar yang tenggelam karena nabrak gunung es itu? Pasti tahulah lewat filmnya yang diperanin sama Leonardo di Caprio ini. Nah, penemunya Thomas Andrews, Jr ikut tenggelam sama penemuannya. Tragis! Kejadian tragis seperti yang menimpa penemu kapal Titanic itu juga menimpa beberapa penemu ini lho Anak Hits.

1. Aurel Vlaicu

Aurel-Vlaicu
Aurel Vlaicu via stiri.tvr

Beliau ini suka membuat pesawat kecil-kecilan. Kemudian pesawat dengan ukuran yang lebih besar mulai menari minatnya hingga terciptalah pesawat besar dengan nama Vlaciau ll. Malangnya, saat uji coba pesawat ini menabrak sesuatu dan meledak bersama penemunya.

2. Max Valier

max-valier
Mav Valier via uberinterest.wordpress

Penemu mesin roket yang menjadi cikal bakal dibuatnya mesin pesawat ruang angkasa pertama di dunia ini mengalami nasib yang tragis. Saat menguji coba mobil dengan mesin roket penemuannya, ternyata mesin yang digunakan malah meledak dan mengabil nyawanya.

3. Otto Lilienthal

Otto-Lilienthal
Otto Lilienthal via uberinterest.wordpress

Penemu yang berkontribusi besar di dunia penerbangan ini berhasil menciptakan model sayap pesawat seperti yang kita lihat saat ini. Sayangnya ia hobi menguji coba sendiri bermacam-macam penemuan yang ia ciptakan, hingga nasib malang menimpanya saat penemuannya gagal dan hidupnya berakhir karena patah tulang.

4. Horace Lawson Hunley

Horace-Lawson-Hunley
Horace Lawson Hunley via storyeo

Insinyur mesin kapal selam ini adalah penemu kapal selam perang untuk Amerika saat negara tersebut mengalami perang sipil. Kapal selam tersebut sangat menguntungkan bagi pihak angkatan laut Amerika saat itu, malangnya kapal yang menyelam dengan 7 kru dan penemunya ini tak bisa kembali ke permukaan.

5. William Bullock

William-Bullock
William Bullock via brasil.discovery.uol

Pria ini terlibat dalam penemuan mesin cetak untuk media massa. Pada tahun 1867, ia menjemput ajalnya saat menguji coba sebuah penemuan baru. Kakinya terjepit pada mesin cetak dan menyebabkan gangren yang merenggut nyawanya.

6. Franz Reichelt

Franz-Reichelt
Franz Reichelt via ppcorn

Orang ini menemukan baju terbang yang tujuannya digunakan untuk menggantikan fungsi parasut saat benda ini mengalami malfungsi. Uji coba yang dilakukannya menggunakan boneka sukses dan baju terbang itu berfungsi. Namun, saat diuji coba dengan dirinya, baju terbang yang sebelumnya sukses malah gagal. Akhirnya dia terhempas dari Menara Eiffel.

7. Marie Curie

Marie-Curie
Marie Curie via thebestyoumagazine

Wanita ini bekerja dibidang radioaktif. Penemuan-penemuannya terbilang cukup sukses. Namun, karena terlalu lama terpapar radioaktif, radiasi merusak fungsi-fungsi tubuhnya dan akhirnya beliau meninggal.

8. Valerian Ivanovich Abakovsky

Valerian-Ivanovich-Abakovsky
Kereta dengan mesin pesawat terbang via

Valerian Ivanovich Abakovsky bereksperimen untk menggabungkan kereta api dengan mesin pesawat terbang. Ia mencoba penemuannya dengan melalui rute menuju Moskow. Malang, kereta itu keluar dari jalur karena kecepatan yang sangat cepat.

9. Mitrofan Nedelin

ledakan
Ledakan via spacesafetymagazine

Perwira tinggi angkatan udara Soviet ini meninggal dunia ketika mencoba senjata pemusnah massalnya, ICBM R-16. Senjata pemusnah ini tak sengaja dinyalakan dan akhirnya memusnahkan krue uji coba dan dirinya sendiri.

10. Henry Smolinski

mobil-terbang
Mobil terbang via wikipedia

Setiap orang bermimpi mempunyai mobil terbang. Henry Smolinski ingin mewujudkan impian tersebut. Namun, penemuannya gagal. Saat uji coba mobil terbang tersebut, Henry tewas karena mobilnya mengalami tabrakan.

Untuk menjadi hebat memang perlu pengorbanan yang besar ya Anak Hits. Kamu siap menjadi hebat dengan pengorbanan yang besar?