7 Cara pengobatan teraneh dari seluruh dunia

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan dunia kedokteran, manusia kini mengenal berbagai cara untuk mengatasi penyakit, antara lain lewat operasi, obat-obatan, atau bahkan pemindaian semacam kemoterapi.

Namun begitu, ada juga belahan bumi lain yang hingga kini masih belum disentuh oleh dunia medis modern atau memang ngotot ingin mempertahankan tradisi yang sudah ada. Daerah-daerah yang seperti ini biasanya dikenal punya metode pengobatan yang tak lazim alias aneh-aneh.

Berikut NgeHits sudah rangkum tujuh metode pengobatan paling aneh dari seluruh dunia:

1. Electroconvulsive Treatmet (ECT)

Ect via Karta Acupuncture
Ect via Karta Acupuncture

Pada 1983, seorang psikiater bernama Ugo Cerleti menemukan teknik pengobatan khusus yang disebut electrocovulsive treatmet, yang awalnya digunakan pada babi sebelum mereka dipotong. Metode ini membantu pasien hilang kesadaran dan dipercaya akan membuat kondisi otak lebih segar dari sebelumnya.

2. Bekam

Bekam via Karta Acupuncture
Bekam via Karta Acupuncture

Pengobatan dengan metode bekam dengan bantuan bara api sudah jadi praktik yang lazim sejak 1.000 tahun sebelum masehi. Pengobatan ini dilakukan dengan menggunakan sebuah wadah kaca khusus yang terlebih dahulu dipanaskan, kemudian ditekan ke arah kulit pasien. Diharapkan rasa sakit yang menjalar di tubuh pasien akan berangsur-angsur hilang.

3. Trepanation

Trepanation via Undissimo
Trepanation via Undissimo

Teknik pengobatan satu ini melibatkan pengeboran lubang di dalam tengkorak kepala. Dipercaya cara ini ampuh untuk menyembuhkan penyakit dalam seperti nyeri dan sakit kepala. Mereka yang merasakan migrain juga disarankan untuk mengambil prosedur ini, begitu pula dengan orang-orang yang menunjukkan gejala epilepsi atau gangguan syaraf.

4. Moksibusi

Moksibusi via Perrine Demontar
Moksibusi via Perrine Demontar

Ini adalah salah satu tipe pengobatan tradisional yang sering digunakan di berbagai belahan dunia. Teknik ini dilakukan dengan menumbuk berbagai macam tanaman obat dan membentuknya menjadi semacam gumpalan kecil, untuk kemudian menggunakannya bersamaan dengan jarum akupuntur. Pengobatan semacam ini dipercaya bisa menghilangkan berbagai macam penyakit dalam dan meringankan gejala epilepsi.

5. Lobotomi

Lobotomi via Trutherson
Lobotomi via Trutherson

Bisa jadi ini merupakan salah satu teknik pengobatan paling kasar dan aneh, yang pernah ada di dalam sejarah dunia kedokteran. Pengobatan jenis ini dipercaya bisa membantu pasien mengatasi depresi, ketakutan, skisofrenia, dan masih banyak lagi. Caranya? Sebuah alat pemecah es digunakan untuk membuka kepala pasien.

Sayangnya, metode ini jarang memberikan efek positif, dan bahkan membuat pasien ada dalam kondisi mental yang kurang waras, meski mereka mampu bertahan dari pengobatan sadis semacam ini.

6. Mengucurkan darah

Mengucurkan darah via History
Mengucurkan darah via History

Metode satu ini adalah yang paling kuno dan lumayan sering digunakan di seluruh dunia. Catatan sejarah menemukan bahwa metode ini pernah digunakan oleh bangsa Mesopotamia, Yunani, Mesir, Aztec, Maya, dan masih banyak lagi. Dalam teknik pengobatan ini, sejumlah besar darah di dalam tubuh akan dikuras untuk mengeluarkan penyakit. Dipercaya bahwa begitu darah kotor dikeluarkan, maka penyakit yang diderita akan segera hilang.

7. Hirudoteraphy

Hirudoteraphy via Physio and Hirudoteraphy
Hirudoteraphy via Physio and Hirudoteraphy

Teknik pengobatan satu ini memanfaatkan kemampuan lintah tertentu dalam menghisap darah manusia. Lintah-lintah ini akan diaplikasikan ke bagian tubuh tertentu, guna mengurangi tekanan yang ada di dalam otot dan juga memperlancar kembali aliran darah yang sebelumnya terhambat, tentu dengan pengawasan ahli.