Inilah 4 sebab maraknya fenomena depresi di kalangan artis

Masih inget nggak sama sinetron yang dulu tayang di salah satu TV swasta? Itu tuh yang sukanya ada naga gedenya. Salah salah satu yang sempat ngehits judulnya Raden Kian Santang. Masih inget juga nggak sama artisnya, Revi Mariska? Belakangan ini heboh foto-foto hot yang diunggahnya sendiri di sosial media. Nggak heran kalau Revi jadi buah bibir netizen. Tingkahnya yang aneh di sosial media membuat kita bertanya-tanya, ada apa dengan Revi? Menurut kabar, Revi jadi gitu karena ditinggal nikah sama pacarnya, Temmy Rahadi. Wah! Sampai segitunya ya. Padahal artis lho, bisa galau sampai kayak gitu kalau ditinggal pacar.

Nah kalau hal sekecil itu aja udah bisa bikin seorang artis depresi. Nggak sedikit lho artis Indonesia yang pernah mengalami depresi, sepanjang yang Ngehits ingat selain Revi, Marshanda juga pernah mengalami depresi. Penasaran nggak kira-kira hal apa aja yang bisa membuat artis depresi kayak gitu? Mungkin karena beberapa hal ini.

1. Udah jarang eksis lagi

Belakangan ini kita jarang memang melihat wajah artis cantik Revi Mariska di layar kaca. Bisa jadi salah satu penyebabnya ya urusan patah hati tadi. Gara-gara kebanyakan mikirin ditinggal nikah, Revi jadi galau dan depresi. Hal itu berimbas pada produktifitasnya sebagai artis. Kalau ngeliat dari akun twitternya, Revi suka posting fotonya pas foya-foya aja. Jarang ada foto dia ada di lokasi syuting. Wajarlah ya, kamu sendiri kalau habis patah hati pasti nyari pelarian kan?

Temmy Rahadi dan revi Mariska via Ngehits
Temmy Rahadi dan revi Mariska via Ngehits

Yang namanya artis, tentu harus eksis dong. Kalau nggak, bakalan turun pamor dan penghasilannya. Kalau si artis mentalnya nggak siap menghadapi hal ini, mereka akan cari cara bagaimana agar bisa eksis lagi di layar kaca. Sayangnya ketika gagal, nggak sedikit artis yang mengalami depresi atau memilih jalan pintas yang kurang bijak untuk mendongkrak kembali popularitasnya.

2. Terjerat hutang

Nggak sedikit artis yang terjerat dengan masalah hutang. Baik tanggungan pribadi atau keluarga. Contohnya Lindsay Lohan dan Lidya Pratiwi. Kayak yang kita tau, Lindsay Lohan udah jarang tampil di layar lebar. Sepinya tawaran main film ini memaksanya berhutang agar tetap bisa tampil glamor. Pernah dikabarkan, Lindsay menjual baju bekasnya untuk melunasi hutang.

Lidya Pratiwi via kapanlagi
Lidya Pratiwi via kapanlagi

Sedangkan Linda Pratiwi sampai pernah tersangkut kasus pembunuhan karena masalah hutang piutang yang menimpa pamannya. Artis memang syarat dengan kehidupan yang mewah dan glamor. Dengan kehidupannya yang seperti itu, otomatis mereka dituntut untuk terus mempunyai penghasilan yang besar.

Selama barada di puncak karir, kehidupan glamor nggak jadi masalah bagi mereka. Tapi ketika karir anjlok, mereka mulai putar otak agar bisa tetap hidup dengan gaya mewah. Salah satunya ya berhutang. Nah, kalau pas jatuh tempo itu yang bikin pusing. Kita aja yang punya utang puluhan ribu udah bingung sampai nggak bisa tidur, apalagi artis yang nominal hutangnya gede banget.

3. Privasi yang sering dilanggar

Di luar negeri ada profesi paparazzi yang suka ngambil foto para artis tanpa sepengetahuan mereka dan kemudian disebar. Selain paparazzi, hacker juga bahaya buat para artis. Artis papan atas seperti Jennifer Lawrence, Mila Kunis, dan Scarlett Johansson pun pernah jadi korbannya. Di tahun 2011 lalu, foto bugil mereka tersebar di internet.

MIla Kunis, Jennifer Lawrence, dan Scarlett Johansson via Ngehits
MIla Kunis, Jennifer Lawrence, dan Scarlett Johansson via Ngehits

Tentu saja mereka merasa nggak nyaman dengan ulah paparazzi ini. Seperti kita manusia biasa, artis juga berhak memiliki privasi. Kita aja yang privasinya terusik bakalan nggak suka dan bisa kepikiran terus, apalagi artis yang privasinya sampai disebar ke orang banyak. Malu kan? Nggak jarang para artis ini jadi depresi karena privasi mereka yang dilanggar.

4. Dituntut untuk selalu tampil sempurna

Kamu yang suka nonton drama Korea bakalan nggak asing lagi deh sama kebiasaan artis Korea melakukan operasi plastik. Mereka ngelakuin hal ini demi penampilan mereka. Para artis seperti Song Hye-Kyo dan para personil SNSD rela mempermak total wajah mereka demi tampilan yang sempurna.

Artis Korea via kapanlagi
Artis Korea via kapanlagi

Penampilan adalah modal utama artis. Disetiap penampilan, mereka selalu dituntut untuk tampil prima dan memukau. Padahal kondisi manusia juga nggak bisa dipaksakan untuk selalu prima. Ada kalanya kita mengalami masalah yang sampai menyedot fokus kita sepenuhnya. Karena itu, nggak jarang artis yang depresi karena hal ini. Sebagian dari mereka sampai rela mengkonsumsi obat anti depresi dan ada juga yang kecanduan karena obat ini memberi efek nyaman. Kalau sudah begini, mereka bisa juga lari ke alkohol dan narkoba.

Ternyata jadi artis itu nggak seenak yang ada di bayangan kita ya. Nggak semua artis bisa menikmati kehidupan mewah mereka. Bahkan ada beberapa yang sampai mengakhiri hidupnya karena tuntutan pekerjaan mereka.