Ingin hubunganmu langgeng? STOP melakukan 6 hal ini!

Menapaki kehidupan bersama orang yang kita cintai itu susah-susah gampang. Kita biasanya memutuskan segala sesuatu sendiri, tapi hal itu udah nggak bisa kita lakuin lagi ketika sudah punya pacar atau sudah menikah. Segala keputusan sebaiknya kita diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan.

Mendiskusikan segala hal dengan pasangan bisa mempererat hubungan. Kamu pasti merasa dihargai kan kalau dia selalu minta pendapatmu sebelum melakukan sesuatu? Sebaliknya, memutuskan segala sesuatu terburu-buru tanpa mengajak pasangan berdiskusi akan membuat pasangan kita merasa kecewa. Kemungkinan dia sedih karena merasa tidak dianggap. Tentunya kamu nggak mau kan kalau pasanganmu sakit hati karena hal itu?

Memperlakukan pasangan dengan baik adalah kunci keharmonisan sebuah hubungan. Hal itu seringkali terlupa, sehingga nggak jarang kita melakukan hal-hal yang bisa merusak keharmonisan dengan pasangan seperti berikut.

1. Meragukan hubungan

Di dunia ini nggak ada yang sempurna, bahkan sebuah hubungan pun juga pasti memiliki kekurangan. Itu juga berasal dari kita manusia yang notabene tempatnya salah. Kurang lebih seperti itu kata Bunda Dorce. Sikap kamu yang selalu meragukan hubungan kalian bisa berujung pada patah hati lho.

Saling memunggungi via dralexandrasolomon
Saling memunggungi via dralexandrasolomon

Kalau setiap saat kalian bertengkar, kemudian kamu berpikir hubungan kalian nggak akan bertahan lama, berarti sudah saatnya kamu mengoreksi diri. Jika sampai terlontar kalimat, ‘Kita emang nggak bakal pernah bisa terus bersama’ dari mulut kamu, lama kelamaan itu akan mempengaruhi pasangan kamu. Jadinya dia membenarkan pikiran kamu tersebut. Akhirnya? Yah, silahkan ditebak sendiri deh.

2. Kekanak-kanakan

Aduh lagi marahan via goodmenproject
Aduh lagi marahan via goodmenproject

Ketika kalian mempunyai masalah, kemudian pasanganmu bertanya, ‘Ada apa?’ Jawablah sejujurnya. Biasanya sih cewek yang sering menjawab dengan jawaban, ‘Nggak ada apa-apa’ Tapi, kemudian juteknya minta ampun. Kebiasaan seperti anak kecil ini jangan sampai kamu pelihara dalam suatu hubungan. Kalau memang kalian mempunyai masalah, bicarakan dengan pasangan. Sisihkan sedikit waktu untuk mendengarkan keluh kesah mereka tentang hubungan kalian. Temukan solusi bersama. Singkirkan dulu rasa marah dan egois, karena dua hal itu yang mencegah kalian berpikir dengan jernih.

3. Mencintai saja sudah cukup

Modal sebuah hubungan untuk bisa tetap terjaga adalah cinta. Tanpa cinta, hidup bagai taman tak berbunga. Begitulah kata para pujangga. Eh, kok nyanyi. Memang cinta diperlukan untuk menjalani sebuah hubungan agar tetap terjaga.

Diikat rantai via 2darlings-agency
Diikat rantai via 2darlings-agency

Tapi, nggak ada salahnya kamu menumbuhkan rasa suka dan sayang pada pasanganmu. Dengan adanya perasaan lain ini kamu tak hanya bisa menjadi pasangannya saja, tapi kamu juga bisa berperan sebagai teman baginya. Layaknya seorang teman kamu akan menikmati saat-saat bersamanya, menghormatinya, dan lebih bebas bersenang-senang. Cinta saja nggak cukup, terlalu cinta bahkan bisa juga mengekang.

4. Cemburu buta

Jealous via sites.psu
Jealous via sites.psu

Punya pacar cemburuan itu nggak enak banget. Dikit-dikit tanya pergi sama siapalah, mau kemanalah, ngapain aja, dan masih banyak lagi pertanyaan yang bernada curiga. Kita jadi nggak bebas ngapa-ngapain. Serasa ada CCTV yang mengikuti kita. Kalau kamu punya sifat seperti ini, segeralah bertobat. Cemburu berlebihan bikin pasangan kamu nggak betah hidup bareng kamu. Cemburu buta bukan tanda cinta. Malah sebaliknya, ini menunjukkan kalau kamu posesif dan nggak menghargai pasangan sama sekali.

5. Menuntut pasangan

Ayo! Senyum! via couch-kimchi
Ayo! Senyum! via couch-kimchi

Yang namanya manusia pasti ada kurang dan lebihnya. Begitu pula pasangan kita. Mereka pasti mempunyai beberapa kekurangan yang menyertai kelebihan mereka. Sebisa mungkin, cobalah kamu menerima kekurangan ini. Jangan menuntut mereka untuk berubah. Daripada kamu berfokus pada kekurangan mereka, alihkan perhatianmu pada kelebihan yang mereka punya. Pasangan yang langgeng adalah mereka yang saling menghargai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

6. Menggantungkan kebahagiaan pada orang lain

Bahagia berasal dari dalam diri sendiri. Kamu nggak membutuhkan orang lain untuk berbahagia. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang membuatmu semakin bahagia. Menambah teman, travelling, olahraga, atau menekuni hobimu. Pasanganmu pasti betah berada di dekatmu jika kamu bahagia.

Lagi sedih via video.ltn
Lagi sedih via video.ltn

Siapa sih yang mau dekat-dekat dengan orang yang menghabiskan waktunya bermuram durja dan menyesali hidup? Sudah saatnya kamu berhenti bergantung pada orang lain untuk meraih kebahagiaan. Semakin kamu bahagia, semakin banyak orang yang mendekatimu dan betah berada di dekatmu.

Yuk mulai sekarang singkirkan sifat-sifat itu dari diri kamu. Dijamin deh kalau kamu berhasil menghapus sifat-sifat seperti itu, pasangan kamu bakal nempel terus kayak perangko. Ahayy!