4 Peristiwa TRAGIS ini terjadi di bulan April

Bulan April selalu identik dengan acara April Mop. Di Indonesia sendiri, April Mop belum begitu terkenal seperti Valentine. Tapi di beberapa negara barat, April Mop dirayakan dengan saling ngibulin teman.

Ngomong-ngomong soal April Mop, tahu nggak kalau salah satu mitos asal-usul April Mop adalah sebuah tragedi tragis? Yup! Pada tanggal 1 April, terjadi pembantai ribuan muslim di Spanyol yang dilakukan oleh Tentara Salib. Mereka mengusir umat Islam Spanyol dengan penipuan dan cara yang keji. Selain pembantaian kejam tersebut, beberapa peristiwa tragis ini juga terjadi di Bulan April.

1. Kelahiran dan kematian Adolf Hitler

Adolf Hitler via biography
Adolf Hitler via biography

Siapa sih yang nggak kenal sama diktator kejam yang satu ini? Adlof Hitler lahir pada tanggal 20 April 1889. Kelahiranya bisa dikatakan tragedi, karena saat beranjak dewasa ia menjadi salah satu orang yang dikecam seluruh dunia. Mulai tahun 1934-1945 ia bergelar ‘Der Führer’ atau pemimpin dan menjadi dalang atas terjadinya pembantaian umat Yahudi di Eropa.

Pada akhir tahun 1944, kepemimpinan Hitler mulai goyah. Ia berlindung ke dalam bunker agar selamat dari serangan musuh. Pada tengah malam 29 April 1945, ia menikahi Eva Braun. Naasnya kebahagiaan Hitler dan Braun hanya berlangsung sekejap mata. Mereka bunuh diri pada tanggal 30 April 1945.

2. Tenggelamnya kapal Titanic

Tragedi yang sampai dijadikan film pada tahun 1997 ini juga terjadi di bulan April, tepatnya tanggal 15 April 1912. Titanic adalah kapal terbesar pada jamannya. Dibangun pada tahun 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wollf di Belfast. Dengan ukurannya yang besar, kapal ini sanggup menampung 2.224 penumpang. Pelayaran perdana kapal ini mengambil rute dari Southampton, Inggris menuju Kota New York. Nasib buruk menimpa Titanic.

Titanic tenggelam via youtube
Titanic tenggelam via youtube

Saat berlayar di Samudra Atlantik Utara, kapal ini menabrak gunung es dan mengakibatkan kematian sebanyak 1.514. Kejadian tersebut menjadi bencana maritim paling tragis di masanya. Meski Titanic mempunyai perlengkapan keamanan yang maju seperti kompartemen kedap air dan pintu kedap air yang bisa dioperasikan dari jarak jauh, kapal tersebut tidak memiliki sekoci yang cukup untuk menampung seluruh penumpang kapal. Karena regulasi keamanan laut yang sudah kuno, Titanic hanya mengangkut sekoci yang hanya mampu menampung 1.178 penumpang, sepertiga dari total penumpang dan awak kapalnya.

3. Pengeboman Kota Oklahoma

Bangunan Alfred P. Murrah yang merupakan kompleks perkantoran pemerintahan Amerika Serikat menjadi target utama pengeboman di kota Oklahoma yang terjadi pada tanggal 19 April 1995. Aksi ini menewaskan 168 orang dan menelan korban luka sebanyak 680 orang.

Gedung Alfred P. Murrah setelah di bom via thenation
Gedung Alfred P. Murrah setelah di bom via thenation

Sebanyak 324 bangunan dalam radius 16 blok hancur, 86 mobil terbakar, dan memecahkan kaca 258 gedung di sekitar lokasi. Kerugian yang disebabkan oleh aksi ini sebesar 652 juta dollar atau sekitar 8 trilyun rupiah. Pengeboman ini didalangi oleh Timothy McVeigh dan Terry Nichols. Motif pengeboman ini adalah pembalasan dendam bagi kelompok Branch Davidian di Waco yang menurut McVeigh telah dibunuh oleh FBI. Pengeboman ini adalah aksi teroris terbesar kedua dalam sejarah Amerika Serikat.

4. Penembakan di Universitas Teknik Virginia

Dikenal juga dengan pembantaian Virginia Tech adalah peristiwa penembakan yang terjadi secara terpisah di Institut Politeknik dan Universitas Negeri Virginia. Pembantaian ini dilakukan oleh seorang mahasiswa berumur 23 tahun, Cho Seung-Hui. Pembantaian yang terjadi pada tanggal 16 April 2007 ini menewaskan 32 orang dan korban luka sebanyak 17 orang.

Cho Seung-Hui via nydailynews
Cho Seung-Hui via nydailynews

Salah seorang korbannya adalah WNI, yaitu Partahi Mamora Halomoan Lumbantoruan (34 tahun) mahasiswa doktoral di Fakultas Teknik Sipil asal Medan. Cho melakukan aksi ini karena memendam benci pada teman-teman yang menurutnya penipu dan jahat. Ia juga mengecam anak-anak kaya di lingkungan kampus tersebut. Kejadian ini merupakan penembakan sipil paling berdarah dalam sejarah Amerika Serikat.

Ternyata bula April menyimpan kisah yang tragis ya Anak Hits. Semoga kejadian-kejadian mengerikan tersebut tak berulang di tahun ini.