Potret wanita Indonesia tempo dulu yang dihapus oleh Facebook

Wanita Indonesia tentu memiliki kecantikan yang berbeda dibanding wanita-wanita Asia lainnya. Apalagi dibalut dengan budaya Indonesia yang khas, kecantikan wanita Indonesia jadi lebih terpancar. Pun kecantikan tersebut sudah ada sejak jaman dahulu. Terlihat dari potret-potret wanita Indonesia tempo dulu yang akan Ngehits sajikan berikut ini.

Foto-foto ini sempat dibagikan oleh sebuah Facebook page bernama The Culture of Real Indonesia Woman buatan Dea, seorang aktivis dan feminis. Sayang, potret-potret wanita Indonesia tempo dulu ini dihapus oleh Facebook karena dianggap tidak sesuai dengan aturan yang Facebook miliki. Belum sempat lihat? Cek foto-foto di bawah ini.

Wanita Jawa

javanses woman
Wanita berpakaian jawa via pinterest.com

Wanita Kalimantan

dayak
Dayak via pinterest.com
kalimantan timur
Dayak via pinterest.com
girl pintrest
Gadis Kalimantan kuno via pinterest.com

Wanita Bali

bali reality
Penjahit Bali via balirealty.info
old-vintage-balinese-women-nude-photography-6
Wanita Bali via balirealty.info
fruit girl
Wanita Bali di samping Gebogan via photographyindonesia.wordpress.com
bali 1941
via Facebook The Culture of Real Indonesian Women

Wanita Sumatra

face
Gadis Sumatra via photographyindonesia.wordpress.com
sumatra young bride 1939
Gadis Gayo via wikimedia.org

Wanita Papua

tattoo woman 1957
Wanita Papua membuat tato via sunameke.tumblr.com
molucas
Pribumi Papua Barat via islandmix.com

Setidaknya menurut Wowshack.com, ada 22 foto yang dihapus oleh Facebook di laman The Culture of Real Indonesian Women yang merupakan potret wanita Indonesia jaman dulu. Padahal foto-foto ini jelas merupakan gambaran seperti itulah bagaimana wanita-wanita Indonesia berpakaian dan berperilaku menurut budaya yang ada saat itu.

Jika dibandingkan dengan wanita-wanita Indonesia modern pasti jauh berbeda karena budaya yang ada dan masuk di Indonesia juga mengalami perkembangan, termasuk dalam cara berpakaian. Namun, apakah ini berarti kita boleh melihat potret wanita jaman dahulu dengan kacamata pornografi? Menurutmu bagaimana, Anak Hits?