8 Rahasia agar tidur lelap & nyenyak di malam hari

Tidur berkualitas merupakan sesuatu yang sulit dialami oleh kebanyakan orang saat ini. Ritme kehidupan yang semakin cepat seringkali membuat waktu lebih tersita ke pekerjaan dan semakin sedikit kesempatan untuk beristirahat.

Pil tidur atau obat penenang seringkali jadi solusi untuk mereka butuh istirahat dengan cepat. Namun jika dikonsumsi terlalu sering, obat-obatan semacam ini bisa memberikan efek negatif pada tubuh.

Lantas bagaimana? Jangan khawatir. Berikut NgeHits sudah punya delapan tips ampuh bagi kamu yang ingin tidur nyenyak dan mendapatkan waktu istirahat berkualitas di malam hari:

1. Mandi air hangat

Mandi Air Hangat via Holistic Vanity
Mandi Air Hangat via Holistic Vanity

Ketika kamu mandi air hangat, suhu tubuhmu bakal meningkat dan pendinginan yang cepat akan membuat kamu merasa lebih nyaman dan rileks. Kamu juga bisa berendam di air hangat yang sudah ditaburi lavender, untuk menciptakan sensasi ketenangan yang lebih baik.

2. Matikan alat elektronik

Matikan TV via MSTV Service
Matikan TV via MSTV Service

Matikan ponsel dan TV jika kamu ingin tidur dengan nyenyak. Alasannya, cahaya yang muncul dari alat elektronik akan membuat retina mata bingung dan otakmu akan berpikir bahwa di luar masih pagi, sehingga tubuh terus terjaga – serta mengganggu waktu istirahat.

3. Pasang alarm

Pasang Alarm via YouTube
Pasang Alarm via YouTube

Pasang alarm dan tentukan berapa lama kamu akan tidur. Namun jangan lupa patuhi jadwal ini. Ini akan membantu kamu tidur dan bangun tepat waktu.

4. Hindari kopi

Kopi via One Medical
Kopi via One Medical

Hindari minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein. Jika kamu ingin minum sesuatu yang hangat sebelum tidur, pilihkan air hangat atau susu hangat.

5. Pakai kaus kaki

Kaus Kaki via PhillyMag
Kaus Kaki via PhillyMag

Kaus kaki akan membantu kakimu tetap hangat di malam hari. Jadi, kenakan sepasang kaus kaki lama untuk membuat kamu kian merasa nyaman di atas kasur kesayangan.

6. Hindari makanan berat

Makanan Berat via Style With Glamour
Makanan Berat via Style With Glamour

Amat disarankan untuk tidak memakan makanan berat di malam hari, sehingga tubuhmu tidak akan bekerja ekstra keras di waktu istirahat – yang biasanya akan mengganggu tidurmu.

7. Teknik Unik

Teknik Nafas via Instiks
Teknik Nafas via Instiks

Bagi kamu yang kesulitan tidur, bisa mencoba teknik lama seperti menghitung domba. Dan jika tidak mempan, kamu bisa coba teknik bernafas 4-7-8. Caranya mudah. Kamu tinggal bernafas lewat hidung selama empat detik, kemudian tahan nafas selama tujuh detik, dan lepaskan lewat mulut selama delapan detik. Ini akan membuat kami merasa ngantuk dalam waktu singkat.

8. Teh Hangat

Teh Kamomil via Institute for Natural Healing
Teh Kamomil via Institute for Natural Healing

Jika kamu kesulitan tidur, yang kamu butuhkan adalah teh kamomil. Teh jenis ini akan membuat lebih tenang, lantaran mengandung zat sedatif. Jadi amat disarankan meminum teh ini untuk membuat waktu istirahatmu lebih berkualitas.