Aksi Polantas razia sepeda motor di gang sempit tuai cibiran netizen

Aksi razia kendaraan bermotor oleh polisi memang seringkali menuai kontroversi. Seperti kali ini postingan salah seorang netizen yang memprotes aksi razia polisi di gang sempit di Jakarta Timur.

Kontan saja aksi beberapa polantas yang menggelar razia di gang sempit menuai cibiran netizen. Ina Rinaya yang kebetulan menyaksikan aksi Polantas tersebut lantas mengabadikan momen tersebut dan mengunggahnya di media sosial.

razia-polisi-1

Menurut Ina, kejadian razia tersebut berlangsung pada hari Senin (19/9), sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.30 WIB. Kejadiannya di sebuah gang kecil daerah Sekolah Menengah Kejuruan Ristek Kikin Penggilingan, Cakung, Kota Jakarta Timur.

“Sejak kapan Razia sampai ke gang-gang sepi kaya gini. Ya Alloh pak nggak sampai segitunya kali pak. Miris dan amit-amit dah. Apa mungkin dapetnya kurang banyak?,” begitu cibiran Ina melalui akun media sosialnya seperti dikutip Ngehits, Rabu (21/9).

razia-polisi-2

Tak butuh waktu lama, foto yang diunggah Ina yang menunjukkan dua polantas sedang merazia warga di gang sempit itu pun langsung viral di media sosial. Mayoritas netizen juga geram melihat aksi polantas tersebut dan mengomentarinya dengan berbagai cibiran.

Sebagai informasi, jika mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) dan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (PP 80/2012). Maka razia kendaraan di jalan oleh polisi secara berkala dan insidental wajib dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan kendaraan bermotor, yang ditempatkan pada jarak paling sedikit 50 (lima puluh) meter sebelum tempat pemeriksaan jalan.