10 Rutinitas ini mengancam nyawamu jika dilakukan di Korea Utara

Beberapa hari lalu NgeHits sempet bikin artikel tantang cewek-cewek Korea Utara dan kecantikannya yang terkekang. Dari situ kamu bisa tahu gimana kehidupan yang berjalan di Korea Utara. Hal sepele seperti gaya rambut aja diatur di negara yang dipimpin sama Kim Jong Un ini. Kalau penduduknya berani ngelanggar, wah kamu nggak bisa deh bayangin apa yang bakalan terjadi sama mereka.

Selain itu, banyak rutinitas sehari-hari yang bisa kita lakukan sesuka hati, tapi menjadi taruhan nyawa di sana. Mau tau apa aja? Dilansir dari Tentik, inilah kegiatan sehari-hari yang mengancam nyawa penduduk di Korea Utara.

1. Internetan

Mengetik via lifehack
Mengetik via lifehack

Penggunaan internet di Korea Utara sangat terbatas. Kamu bisa menggunakan internet hanya setelah mdendapat ijin dari pemerintah setempat. Kalau tetep nekat internetan, nggak tau deh gimana nasibmu. Seorang jurnalis di Korea Utara pernah dipenjara selama 6 bulan. Bukan karena maksa internetan sih, tapi cuma gara-gara salah ketik di artikel yang ia tulis.

2. Nonton bokep atau pornografi

Disensor via sun-sentinel
Disensor via sun-sentinel

Sebenarnya nonton bokep bukan kegiatan sehari-hari sih, kecuali buat kamu yang kecanduan. Tapi, hal ini sudah biasa dilakukan penduduk di seluruh dunia. Beda lagi ceritanya di Korea Utara. Nonton bokep termasuk ilegal dan ganjarannya hukuman mati. Mantan pacar Kim Jong Un sendiri dieksekusi mati di depan keluarganya pada tahun 2013 karena ketahuan bikin film bokep.

3. Ke luar negeri

Globe via tech
Globe via tech

Bersyukurlah kamu bisa riwa-riwi bebas ke luar negeri. Masyarakat Korea Utara akan dikenai hukuman berat jika ketahuan bepergian ke luar negeri. Mereka akan dipaksa kembali ke negaranya dan menjalani eksekusi. Biasanya mereka akan dipenjara.

4. Mengkritik

Kritik via willbrattcounselling
Kritik via willbrattcounselling

Berbicara sangat dibatasi di Korea Utara. Mengkritik pemerintah atau sekedar berdiskusi mengenai sistem pemerintahan di sana bisa dijatuhi hukuman. Kalau sampai ketahuan mengkritik pemerintahan Kim Jong Un, kamu bakalan dikirim ke kamp pendidikan untuk dijejali doktrin-doktrin atas nilai-nilai rezim Korea Utara. Selain itu kamu juga dipaksa untuk bekerja.

5. Menelepon ke luar negeri

Menelepon via telstra
Menelepon via telstra

Pada tahun 2013 ada seorang penduduk yang dieksekusi mati dengan cara ditembak karena kedapatan menelepon temannya yang berada di luar negeri. Sepertinya Korea Utara getol menghukum mati para pelanggaran peraturan ya.

6. Mendengarkan musik

Headphone via berklee
Headphone via berklee

Di banyak negara, mendengarkan musik jadi kegiatan yang paling mengasyikkan. Bahkan sampai bisa dijadikan ajang pesta pora. Coba deh kalau kamu berani nyetel musik keras-keras di Korea Utara, bisa aja nyawamu melayang. Memutar musik di Korea Utara merupakan tindakan ilegal. Nggak ada yang namanya pop rock atau musik-musik KPop di sana. Semua saluran musik dikuasai oleh pemerintah, yang Da cuma musik-musik yang memuliakan rezim Korea Utara.

7. Menyetir mobil

Menyetir mobil via omah-tips
Menyetir mobil via omah-tips

Mobil dan kendaraan bermotor lainnya merupakan barang sangat mewah di Korea Utara. Nggak semua orang bisa memilikinya, lebih tepatnya diijinkan memiliki. Hanya orang-orang tertentu aja yang diperbolehkan, seperti para pemerintah dan militer. Hanya ada satu mobil per seribu orang. Mayoritas masyarakat Korea Utara mengendarai sepeda untuk bepergian.

8. Minuman keras

Menuang anggur via playbuzz
Menuang anggur via playbuzz

Penduduk dunia lainnya bebas mau kapan aja minum minuman keras. Di Korea Utara hanya diperbolehkan minum alkohol pada hari tertentu saja, yaitu Minggu. Selain hari itu, kamu akan dihukum keras jika ketahuan minum miras. Hal tersebut juga berlaku bagi tentaranya. Pada tahun 2012 ada seorang tentara yang dihukum mati dengan menggunakan bom karena ketahuan minum miras saat dalam masa berkabung selama 100 hari atas kematian Kim Jong Il.

9. Beribadah

Berdoa via crosswalk
Berdoa via crosswalk

Walaupun pernah terjadi bentrok antar agama di Indonesia, kerukunan umat beragama di sini masih terjaga. Di Korea Utara kedapatan menyimpan kitab suci akan dieksekusi mati. Pada tahun 2013, terdapat sekitar 80 orang kristen yang dihukum mati karena menyimpan alkitab.

10. Menonton TV

Nonton TV via blog.sendnpay
Nonton TV via blog.sendnpay

Menonton TV yang berujung pada kematian bisa terjadi di Korea Utara. Selama 2 tahun terakhir, Korea Utara telah mengeksekusi sebanyak 130 warga karena kedapatan menonton saluran TV Korea Selatan. Satu-satunya acara TV yang bisa mereka tonton adalah acara yang berisi propaganda.

Haduh serem banget ya. Ngelakuin kegiatan biasa aja, nyawa yang jadi taruhannya. Syukur deh kita tinggal di Indonesia yang masih bebas melakukan kegiatan sehari-hari. Tul nggak?