Sungai Jakarta dikeruk, terungkap sampah yang ‘tak biasa’

Pengerukan sedimen di sungai Jakarta mengungkap beberapa hal yang tak biasa. Tak hanya tanah dan sampah, tetapi ada juga mayat manusia.

“Setiap tahun kami menemukan satu atau dua (mayat),” ungkap petugas Dinas Kebersihan DKI Bejo Santoso dikutip ngehits.net dari New York Times, Kamis (6/10).

Meski menurut pengakuan petugas tersebut penemuan mayat ini adalah hal yang biasa, namun tetap saja berhasil membuat heboh media luar negeri, New York Times. Pada artikel tulisan Joe Cochrane yang diterbitkan pada 3 Oktober 2016 juga mengungkap jenis sampah lainnya seperti helm, bantal, sandal, bola, serta sampah alami seperti pohon pisang serta tikus mati.

Banjir NYT
Banjir NYT

Proses pengerukan sedimen di sungai Jakarta ini menarik perhatian karena proyek tersebut didanai oleh Bank Dunia dengan anggaran sebesar Rp. 2,5 triliun,

Selain beberapa sampah yang disebutkan di atas, ada juga sampah perlatan rumah tangga seperti kulkas, kasur bahkan televisi. Banyak juga ternyata limbah rumah tangga yang dibuang di sungai, buat Anak Hits, jangan buang sampah sembarangan ya.