WOW! 7 Sinetron Indonesia ini kiprahnya sampai ke luar negeri

Sinetron adalah hiburan yang paling populer di Indonesia saat ini. Setiap hari berbagai judul sinetron berseliweran di layar kaca kita. Ceritanya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, kadang ada yang lebay juga sih, mungkin menjadi salah satu alasan kenapa sinetron Indonesia masih digemari oleh masyarakat, terutama ibu-ibu.

Walaupun saat ini banyak drama asing yang mulai masuk Indonesia, sinetron tetap tak kalah kiprahnya. Masih banyak sinetron Indonesia yang meraih rating tinggi. Kalau kita lihat kebelakang lagi, memang sudah dari dulu sinetron digemari. Bahkan ada yang sampai melejit di luar negeri. Kali ini Ngehits akan ngasih tau kamu, beberapa sinetron Indonesia yang sempat hits di luar negeri.

1. Cinta Fitri

Sinetron yang pernah tayang dengan 7 season besutan MD Entertainment ini menceritakan hubungan cinta antara Fitri (Shireen Sungkar) dan Farrel (Teuku Wisnu). Banyak yang berpendapat bahwa ketenaran Cinta Fitri tak hanya karena jalan ceritanya, tetapi juga karena pemberitaan-pemberitaan para pemerannya juga ikut mendongkrak kepopularitasan sinetron ini.

Cinta Fitri season 7 via pangeran229
Cinta Fitri season 7 via pangeran229

Salah satunya hubungan Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu yang berlanjut ke pelaminan. Tak hanya di Indonesia, sinetron ini juga sempat diputar di negara-negara tentangga. Bahkan CD/DVD nya juga laris di luar Indonesia

2. Dia Jantung Hatiku

Wajah Naysilla Mirdad sempat sering kita lihat di layar kaca. Salah satu sibetronnya yang laris manis adalah Dia Jantung Hatiku. Dalam sinetron ini dia beradu peran dengan Christian Sugiono, Rionaldo Stockhorst, dan bintang sinetron terkenal lainnya.

Pemeran sinetron Dia Jantung Hatiku via azmitabalkis04
Pemeran sinetron Dia Jantung Hatiku via azmitabalkis04

Sinetron ini menceritakan tentang anak yang tertukar dan terpisah dari orang tuanya. Walaupun memiliki jalan cerita seperti sinetron-sinetron Indonesia kebanyakan, Dia Jantung Hatiku mendapat perhatian juga dari warga Malaysia.

3. Bayu Cinta Luna

Bayu Cinta Luna via mimieazmitabalkis
Bayu Cinta Luna via mimieazmitabalkis

Chicco Jerikho memang udah dari dulu pandai akting. Mungkin bakat aktingnya yang matang saat ini juga berkat seringnya dia muncul di sinetron sinetron jaman dulu. Salah satu sinetron yang dibintanginya, Bayu Cinta Luna sempat melejit di Malaysia. Dalam sinetron ini dia beradu peran dengan Bunga Cita Lestari yang notabene istri dari aktor Malaysia, Ashraf Sinclair. Mungkin karena itulah sinetron ini melejit di Malaysia.

4. Benci Jadi Cinta

Nia Ramadhani via nurizspace
Nia Ramadhani via nurizspace

Sinetron lawas yang tayang tahun 2006 di Indonesia ini baru diputar di Malaysia pada tahun 2014. Ternyata Nia Ramadani juga populer di negeri jiran tersebut. Sinetron ini diputar di televisi berbayar Astro Ria. Selain Benci Jadi Cinta, judul lainnya seperti Bawang Merah Bawang Putih, Ratapan Anak Tiri, Cinta Kirana, dan Alisa juga hits di Malaysia.

5. Para Pencari Tuhan

PAra Pencari Tuhan via abbiummi
PAra Pencari Tuhan via abbiummi

Sinetron garapan Deddy Mizwar ini mendapat apresiasi sampai ke Jepang. Para Pencari Tuhan mendapat piala pada ajang ConFesta Japan untuk kategori Special Award for Foreign Drama. Sinetron ini mendapat penghargaan tersebut karena memiliki cerita yang orisinil dan mencerminkan kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya. Selain mendapat penghargaan, sinetron ini juga tayang di Jepang dan selanjutnya akan disimposiumkan.

6. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi versi layar lebar via lagugalau
Laskar Pelangi versi layar lebar via lagugalau

Serelah sukses melalui layar lebar, Laskar Pelangi juga diadaptasi untuk layar kaca. Tayang sebanyak 15 episode di salah satu stasiun TV swasta, sinetron ini berhasil menyabet award pada ajang ConFesta Japan tahun 2013. Keren ya, baik versi layar lebar dan layar kaca sukses besar.

7. Tukang Bubur Naik Haji

Tukang Bubur Naik Haji via selebupdate
Tukang Bubur Naik Haji via selebupdate

Siapa sih yang nggak kenal sama sinetron yang satu ini? Sinetron yang tayang dengan jumlah episode yang mencengangkan ini, sebanyak 1.374 episode, mendapat award khusus bersandingan dengan Korea dan Thailand di Festival Drama Kyoto 2014 lalu. Sinetron dengan tokoh utama Bang Haji Sulam ini tayang lebih dari 2 tahun dengan rating stabil di 10 besar.

Bagaimanapun juga, kita tetap harus mengacungkan jempol untuk sinetron yang berhasil tembus ke luar negeri. Dengan prestasinya itu menandakan bahwa sinetron juga bisa berkiprah di kancah internasional. Semoga sinetron Indonesia semakin lebih baik lagi ya Anak Hits. Biar kualitasnya semakin meningkat dan semakin eksis di luar negeri.