8 Tips biar kamu bisa bangun lebih pagi

Pernah dengar peribahasa “bangun pagi murah rezeki”? Kalau kamu nggak percaya mitos atau peribahasa, kamu harus percaya sama yang satu ini, karena hal ini ada benarnya juga lo. Coba kalau kamu bangun kesiangan dan akhirnya datang ke tempat kerja atau kampus terlambat. Bukannya dapat rejeki tapi malah rugi, kan?

Buat kamu yang pingin tahu caranya biar bisa bangun lebih pagi dan rejeki makin melimpah, ikuti tips dari NgeHits berikut.

1. Tidurlah lebih awal

Tidur lebih awal via medicaldaily

Hal ini terdengar sederhana, tapi sulit untuk beberapa orang. Kalau kamu terbiasa begadang, maka kamu mulai hentikan kebiasaan buruk itu. Demi kesehatan harus coba untuk tidur lebih awal. Dijamin kamu bisa bangun lebih pagi di keesokan harinya dan lebih fresh untuk bekerja atau melakukan rutinitas seharian.

2. Lakukan ritual penenang

Matikan lampu via gettyimages

Kenyamanan saat tidur akan menentukan kualitas istirahat kamu. Jadi jangan ragu untuk memulai ritual yang dapat menenangkan jiwa dan raga kamu sebelum tidur. Ritual tersebut antara lain: menyalakan lilin aromaterapi di dalam kamar, mematikan lampu, dan aktifitas lain yang dapat membuat tubuhmu rileks. Kamu bisa mandi air hangat atau mengenakan baju tidur yang bersih. Kalau tidurmu sudah nyenyak, dijamin deh bisa bangun lebih pagi dengan fresh!

3. Gunakan kacamata tidur

Kacamata tidur via medicaldaily

Untuk kalian yang kesulitan tidur karena terganggu dengan cahaya, maka kamu harus hindarkan sumber cahaya selama beristirahat. Seringkali walaupun lampu kamar sudah dimatikan, masih saja kamu merasa silau dan kesulitan tidur. Solusi yang paling tepat untuk masalah ini adalah mengenakan sleeping mask atau kacamata tidur yang akan membantu kamu tidur lebih nyenyak. Hasilnya, kamu akan bangun di pagi hari dengan mata dan badan yang segar.

4. Hindari tidur siang

Tidur siang via bomdia

Ternyata menghindari tidur siang bisa membuat tidur kamu di malam hari jadi lebih nyenyak lo, sehingga kamu bisa bangun lebih pagi. Ada pilihan yang lebih baik kalau kamu merasa capek atau ingin bersantai di siang hari. Daripada tidur siang, lebih baik makan buah sebagai menu camilan sehat atau berjalan santai. Namun jika kamu memang sangat butuh tidur siang, maka jangan lebih dari 20 menit agar tidak terjaga sampai malam dan mencegah kamu untuk bangun pagi.

5. Hindari pertengkaran sebelum tidur

Bertengkar di atas tempat tidur via cbsnews

Sebisa mungkin, hindari perbincangan dengan tensi tinggi bahkan sampai bertengkar sebelum tidur. Hal itu bisa mempengaruhi kualitas istirahat kamu karena pikiran yang tidak tenang. Karena itu, jika ada masalah apapun usahakan untuk membicarakannya pada hari selanjutnya, yakni saat pagi hari dengan pikiran yang fresh setelah tidur yang nyenyak.

6. Jangan makan lebih dari pukul 8 malam

Makan malam bersama via kuow

Makan di malam hari seringkali cenderung membuatmu terjaga dan mengurangi waktu tidurmu yang berharga. Jika kamu makan malam terlalu dekat dengan jam tidur, maka perut akan bekerja untuk mengolah makanan sedangkan tubuhmu sudah membutuhkan istirahat. Karena itu jangan makan malam melebihi jam 8 agar bisa tidur dengan nyenyak dan bangun lebih pagi.

7. Jangan konsumsi minuman beralkohol sebelum tidur

Minuman beralkohol via sleepyheadcentral

Mungkin kamu berpikir kalau minum minuman beralkohol bisa membuatmu merasa rileks. Namun ternyata hal ini salah dan bisa membuatmu bangun kesiangan. Karena sebenarnya saat kamu meminum minuman beralkohol sebelum tidur, kandungan yang ada pada minuman itu akan mencegah kamu dari bangun di pagi hari dalam keadaan segar. Jadi hindari minuman ini sebelum tidur demi rejeki yang melimpah keesokan harinya.

8. Ubah pikiran mengenai pagi

Pagi yang menyenangkan via newsnish

Hayo ngaku, siapa yang masih takut dengan pagi hari? Pikiran-pikiran negatif mengenai pagi hari yang dingin atau bikin malas harus dibuang jauh-jauh. Kalau kamu bisa menganggap pagi hari adalah momen yang indah untuk memulai aktivitas, dijamin gak akan bangun terlambat lagi. Jadi mulai sekarang, ubah pikiranmu mengenai pagi yang menyiksa ya.