5 Tips membangun rasa tanggung jawab

Bertambahnya usia berarti bertambah pula tanggung jawab kamu. Yang dulunya belum mikir menyisihkan uang untuk beli pulsa, sekarang harus pinter-pinter ngatur uang biar bisa beli pulsa buat paketan. Nah, untuk menuju masa depan yang cemerlang, NgeHits bakal kasih cara buat membangun rasa tanggung jawab.

1. Hentikan kebiasan mengeluh

Berhenti mengeluh via lifestyleupdated

Hentikan kebiasaan mengeluh dan komplain dalam hal sekecil apapun. Kebiasaan mudah mengeluh pada hal-hal kecil berakibat pada terisinya pikiran kamu dengan hal-hal negatif.  Dengan pikiran negatif, kamu akan melihat semua hal dengan sudut pandang negatif pula. Itulah mengapa penting untuk menghentikan kebiasaan mengelih dan mengkomplain mulai detik ini juga. Jika seseorang melakukan sesuatu hal dengan cara yang salah, jangan hanya mengkomplain saja. Tapi tunjukkan bagaimana seharusnya dia melakukan hal tersebut.

2. Gak usah banyak alasan

Jangan banyak alasan via omidoo

Buang jauh-jauh kebiasaan membuat alasan. Ketika kamu melakukan kesalahan, mulai sekarang, jangan malu-malu untuk mengakuinya dan belajar dari kesalahanmu. Kesalahan adalah hal yang wajar, karena pasti semua orang melakukan kesalahan, dan pada saat-saat tertentu kesalahan memang harus terjadi untuk membuat kamu mengerti bagaimana melakukannya dengan benar. Beralasan dan menyalahkan orang lain hanya akan menjadikan kamu sebagai pengecut dan tidak bertanggung jawab. Jangan menjanjikan sesuatu jika kamu tidak bisa melakukannya dengan benar.

3. Jangan mendunda-nunda pekerjaan!

Lakukan sekarang via sandiegoreader

Waktu senggang yang kamu gunakan untuk menonton video di YouTube, bermain handphone yang nggak jelas, tiduran, bisa berguna jika kamu melakukan hal positif lainnya. Kamu bisa membaca berita, menyelesaikan tugas meskipun deadlinenya masih jauh, atau berolahraga. Waktu luangmu bisa juga digunakan untuk menata ulang kamarmu, karena menata ulang kamar terbukti bisa memberikan susasana baru yang menjernihkan pikiran.

Menunda-nunda pekerjaan juga berarti menunda keberhasilanmu. Jika kamu memiliki waktu luang, gunakan untuk hal yang bermanfaat.

4. Jadilah orang yang konsisten

Harus konsisten via topnotchlearning

Lakukanlah rutinitasmu dengan konsisten. Jika di hari biasanya kamu bangun jam 6 pagi, bangunlah pada jam yang sama di hari libur. Jangan bermalas-malasan hingga siang di kamar, dengan dalih bahwa “Aku sudah bekerja seminggu, hari ini aku pantas untuk bermalas-malasan”. Kamu bisa menggunakan hari liburmu untuk istirahat dari pikiran-pikiran kantor atau sekolah dengan cara berolahraga misalnya. Tidak hanya kamu bebas dari rasa bosan, tapi juga memiliki badan yang sehat. Hal simple yang lebih bermanfaat lainnya adalah, jika kamu anak rantau, gunakan hari liburmu untuk menghubungi keluarga atau temanmu.

Untuk membantu kamu menjadi orang yang konsisten, kamu bisa membuat jadwal. Jadwal bisa terus mengingatkanmu apa saja yang harus kamu lakukan pada hari itu.

5. Belajar mengatur keuanganmu sendiri

Mengatur uang via bettermoneyhabits

Uang adalah bagian penting dalam hidupmu. Uangmulah yang akan menentukan apa yang dapat kamu lakukan dan kemana kamu bisa pergi. Belajar bagaimana cara untuk mengatur keuanganmu adalah hal yang harus kamu lakukan untuk menjadi seorang yang bertanggung jawab. Kamu akan mempunyai penghasilan, baik itu per minggu ataupun per bulan. Menyisihkan sebagian uangmu adalah suatu langkah tepat sebagai cara menanggulangi hal-hal yang tidak terpikirkan. Jangan gampang terbujuk oleh barang-barang yang tidak terlalu berguna, yang bisa mengakibatkan terancamnya keberlangsungan hidupmu hingga akhir bulan. Belajar menabung akan menghindarkanmu dari kebiasaan berhutang!