Ini 5 tips biar LDR nggak cuma jadi sekedar ‘Lu Doang Relationship’

Banyak yang bilang kalau kamu ngejalanin hubungan LDR atau hubungan jarak jauh, hubungan kamu nggak bakal bertahan lama. LDR memang bikin pelakunya sengsara. Nggak jarang hubungan LDR berakhir menjadi ‘Lu Doang Relationship‘, yang artinya sama aja kayak jomblo.

LDR kayaknya serem banget deh ya, soalnya banyak cerita cinta yang berakhir karena LDR ini. Tapi, nggak semua LDR berakhir dengan patah hati kok. Ada juga LDR yang sukses berlabuh di pelaminan. So sweet nya. Usut punya usut, ternyata LDR yang berhasil ini punya resep rahasia. Salah satunya komunikasi. Yup! Komunikasi itu penting banget buat kamu yang sedang menjalani LDR. Jaman sekarang nggak susah kok kalau mau komunikasi sama sesayangan yang berada nun jauh di sana. Tinggal klik-klik atau pencet-pencet, selesai deh! Bisa lewat video call atau sekedar chatting dan ngobrol via telepon. Nggak ribet kayak jaman dulu yang harus nulis surat terus dikirimin via pos. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal ini kalau lagi menjalin hubungan jarak jauh.

1. Punya alasan jelas dan tujuan kenapa rela melakukan LDR

Sebelum kamu melakoni LDR, pastikan dulu tujuanmu apa. Nggak lucu kan kalau kamu tiba-tiba ngajak pacar LDR-an cuman karena alasan kepengen aja. Mana ada coba pacar yang mau diajak LDR kalau alasannya nggak jelas. Diusia kita, biasanya LDR terjadi karena sebab menuntut ilmu.

Beda tempat via nextshark
Beda tempat via nextshark

Setelah lulus sekolah atau kuliah, kamu pastinya ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya kan? Disaat seperti inilah LDR terjadi. Sebisa mungkin kamu buat yakin pacar kamu kalau LDR ini punya tujuan yang jelas, agar dia yakin dan mantap juga menjalani hubungan jarak jauh.

2. Kalian berdua harus mempunyai komitmen yang kuat

Kalau rumah punya pondasi untuk membuatnya berdiri tegak, hubungan punya komitmen agar bisa tetap terjaga. LDR membutuhkan komitmen yang kuat diantara kalian berdua. Dari awal kamu dan pasangan harus punya komitmen yang kuat untuk menjalani hubungan jarak jauh ini.

Bergandengan tangan via psychologies
Bergandengan tangan via psychologies

Walau badai menghadang, komitmen harus tetap tegar. Tsah! Agar komitmen kalian tetap terjaga, ada baiknya kamu bikin jadwal ketemuan dengan pasangan. Sebulan sekali sepertinya udah cukup buat menebus rasa kangen. Buat kamu yang LDR-nya taraf internasional, bisa saja misalnya dalam satu tahun beremu empat kali. Sebisa mungkin atur jadwal untuk saling bertemu dan mengingatkan komitmen masing-masing.

3. Saling percaya satu sama lain

Saat LDR kita nggak selalu tahu aktifitas apa aja yang dilakukan pasangan. Hal ini yang kadang kita bikin curiga dan berpikir macam-macam tentang dia. Ini yang perlu kamu buang jauh-jauh. Saling percaya adalah salah satu kunci sukses dalam menjalani LDR.

Menatap mata via forbes
Menatap mata via forbes

Curiga pasa pasangan itu wajar, tapi jangan berlebihan. Kamupun sebaiknya nggak melakukan sesuatu yang bisa membuat pasanganmu curiga. Konon katanya nih, pasangan yang sudah menjalin hubungan lama bisa ngerasain sesuatu kalau salah satunya berbuat yang nggak-nggak. Makanya saling percaya dan berpikir positif bisa meyelamatkan hubungan kalian.

4. Rajin bikin kejutan romantis

Pesan cinta via hiddenlenze.deviantart
Pesan cinta via hiddenlenze.deviantart

Sesekali bikin kejutan romantis juga bisa jadi salah satu cara agar hubungan LDR kalian bertahan. Kalau lagi nggak ada kerjaan, daripada bengong sendiri kamu bisa bikin puisi, cerpen tentang cinta, foto diri, atau sekedar kirim ucapan ‘aku cinta kamu’ ke pasangan. Siapa tahu dengan begitu dia yang lagi suntuk di sana jadi gembira lagi nerima kejutan dari kamu.

5. Luangkan waktu dan atur jadwal untuk bermesraan

Telepon benang via theodysseyonline
Telepon benang via theodysseyonline

Kesibukan yang padat kadang bikin kamu lupa menghubunginya untuk hanya sekedar mengingatkan makan. Upayakan agar hal ini nggak terjadi. Di kasus LDR, hal sekecil itu bisa memicu pertengkaran lho. Atur jadwalmu untuk terus keep contact sama pacar. Lebih baik lagi kalau kamu punya jadwal tersendiri untuk bermesraan sama dia yang jauh di sana.

Hal terakhir yang wajib kamu lakukan sebagai pasangan LDR adalah jangan menyerah. LDR memang berat banget dijalani, tapi kalau kamu melakukan hal-hal di atas semuanya jadi mudah kok.