Simak Tujuh Fakta Mengejutkan Seputar Tubuh Manusia Ini

Tubuh manusia adalah sesuatu yang misterius sekaligus menakjubkan. Bagaimana kita bisa hidup dengan menghirup oksigen, mencerna berbagai makanan, dan kemudian membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan, merupakan anugrah tak ternilai dari yang Maha Kuasa.

Begitu rumitnya tubuh manusia, hingga meski sudah ada banyak usaha penelitian yang dilakukan dari berabad-abad lalu, hingga kini masih saja ada misteri yang belum terungkap.

Berikut NgeHits sajikan tujuh fakta mengenai tubuh manusia yang mungkin belum pernah kita tahu sebelumnya.

1. Tangguh

Tubuh Manusia via Playbuzz
Tubuh Manusia via Playbuzz

Kita semua tahu tubuh manusia terbilang cukup rentan, namun ada banyak peneliti yang tercengang ketika tahu ada manusia yang bisa hidup normal meski sudah kehilangan beberapa organ vital karena kecelakaan (perut, hati, sebagian paru-paru, dan organ-orang lainnya).

2. Asam

Gangguan perut via Microscope
Gangguan perut via Microscope

Tahukah kamu bahwa asam lambung bisa membakar dan bahkan membelah pisau besi? Hal ini kemudian membuat kita bertanya-tanya, bagaimana bisa tubuh lantas bertahan dengan zat berbahaya seperti itu? Jawabnya, sel-sel yang terbakar di dalam perut dengan cepat diperbarui kembali, hingga kita tidak sampai mengalami kondisi yang berbahaya.

3. Kandungan air

Air dalam otak via Tumblr
Air dalam otak via Tumblr

Pelajaran di sekolah mengajarkan kita bahwa hampir 75 persen tubuh manusia terdiri dari air. Namun yang mengejutkan, 80 persen bagian otak ternyata juga terdiri dari air. Selain itu, otak juga mengonsumsi sekitar 20 persen kalori yang masuk dalam tubuh.

4. Tinggi badan

Wanita sedang tidur via Bemozza
Wanita sedang tidur via Bemozza

Sebuah fakta mengungkap bahwa tubuh manusia akan menjadi sedikit lebih pendek ketika malam hari. Ini terjadi karena jaringan yang menghubungkan tulang-tulang di dalam tubuh kita sedikit lebih rapat usai menjalani aktivitas berat seharian.

5. Keringat

Seorang pria berkeringat via Outside online
Seorang pria berkeringat via Outside online

Kamu mungkin tidak terlalu ambil pusing ketika tubuh sedang berkeringat, namun yang mengejutkan adalah dalam telapak kaki kita terdapat lebih dari 500.000 kelenjar keringat! Mungkin ini menjelaskan mengapa aroma tak sedap muncul ketika kita sudah mengenakan sepatu atau kaus kaki seharian.

6. Kedip dan Cegukan

Wanita berkedip via Blink
Wanita berkedip via Blink

Wanita lebih sering berkedip ketimbang pria. Dan sebaliknya, pria lebih sering mengalami cegukan ketimbang seorang wanita.

7. Pendengaran

Wanita makan burger via Eat This
Wanita makan burger via Eat This

Setelah makan makanan berat dalam porsi besar, tubuh akan mengalami sedikit penurunan pendengaran! Dan setelah memasuki usia 60, lidah kita mungkin akan sedikit mengalami penurunan dalam kemampuan mendeteksi rasa.