6 Uang berbentuk unik di dunia ini bikin kamu terheran-heran

Saat ini alat tukar yang berlaku di seluruh dunia adalah uang. Kalau jaman dulu kita bisa bertukar barang dengan barang atau disebut dengan barter. Tapi sekarang barter sudah sangat jarang dilakukan oleh penduduk dunia, apalagi yang tinggal di perkotaan.

Uang dengan bentuknya yang berupa kertas atau logam, lebih memudahkan kita dalam melakukan proses pembayaran. Tapi ternyata, bentuk uang di beberapa negara nggak cuma kertas dan logam aja lho. Jaman dahulu ada juga uang dengan bentuk yang unik dan aneh seperti berikut ini.

1. Kulit tupai

kulit-tupai
Kulit tupai via tokopedia

Pada abad pertengahan, uang dari kulit tupai ini berlaku di Rusia. Selain kulit, anggota tubuh tupai lainnya seperti kuku, telinga, dan hidung juga nggak dibuat sia-sia. Mereka menjadikan bagian tubuh yang lain itu sebagai uang receh. Selain berpengaruh pada bidang ekonomi, mata uang kulit tupai ini juga berpengaruh di bidang non ekonomi. Saat itu Rusia terhindar dari wabah hitam yang disebabkan oleh hewan pengerat.

2. Koin air suci

holy-water
Koin air suci via tokopedia

Koin air suci adalah sebuah mata uang unik yang pernah beredar di negara Kepulauan Palau. Bentuknya seperti koin biasa, tapi yang menjadikan unik adalah adanya setetes air suci yang dimasukkan ke dalam koin tersebut. Air suci tersebut diambil dari mata air di Lourdes, Perancis. Koin perak bergambar perawan suci ini beredar di negara Kepulauan Palau pada tahun 2007. Di tahun berikutnya, mereka mencetak koin seri kedua untuk memperingati ulang tahun ke-150 penampakan perawan suci di Grotto.

3. Batu rai

Batu-rai
Batu rai via tokopedia

Kepulauan Yap memiliki uang unik dan bahkan bisa dikatakan terbesar di dunia. Uang mereka terbuat dari batu rai, yaitu sebuah batu dengan berat 8 ton, berdiameter sekitar 4 meter. Konon katanya penduduk Kepulauan Yap harus berkeliling dunia untuk menemukan batu ini, nggak jarang beberapa diantara mereka ada yang meninggal demi mendapatkan uang ini. Oleh karena itu, nilai uang ini tak ditentukan berdasar besarnya, namun dari perjuangan penduduk untuk mendapatkan batu ini. Uang dari batu rai ini juga nggak terpengaruh inflasi lho.

4. Uang berbentuk voucher

green-stamp
Uang voucher Vietnam via tokopedia

Masyarakat Vietnam nggak menganggap uang bisa membeli apa saja. Oleh karena itu, mereka menggunakan alat pertukaran semacam voucher dalam kehidupan sehari-hari. Alat tukar ini berlaku pada tahun 70-an, dimana voucher ini hanya berlaku untuk membeli pakaian dan perlengkapannya. Setelah dipergunakan untuk membeli barang yang diinginkan, voucher tersebut disobek sesuai jumlah yang dikeluarkan.

5. Moose Jaw Centennial

moosejaw
Moose Jaw Cen

Jangan dikira uang ini terbuat dari rahang rusa. Moose Jaw Centennial adalah uang yang terbuat dari kayu. Uang ini berlaku di Jerman saat Perang Dunia I. Pada saat itu, Jerman kehabisan bahan berharga untuk mencetak uang, jadi mereka menggunakan benda-benda seperti kayu, alumunium foil, kain sutra, dan kartu resmi sisa perang. Walaupun begitu, moose jaw centennial pernah dibeli dengan harga yang sangat fantastis oleh seorang kolektor.

6. Pengo

Pengo
Lembaran pengo via tokopedia

Ini dia mata uang dengan nilai terfantastis di dunia. Dicetak tahun 1946, mata uang ini bernilai sebesar 100,000,000,000,000,000,000 pengo. Saking panjangnya angka nol, uang dari Hungaria ini sampai nggak mencantumkan sama sekali angka nol di lembaran kertasnya. Sayangnya saat itu uang dengan nilai 100 juta trilyun ini hanya setara dengan 20 USD saja.

Nah itu dia uang unik dan aneh yang pernah berlaku di seluruh dunia. Kira-kira Indonesia punya nggak ya mata uang unik seperti di atas? Share dong kalau kamu tahu infonya.