Jangan remehkan hal ini! Ketahui kapan waktu terbaik untuk buang air

Tahukah kamu bahwa Buang Air Besar (BAB) tidak teratur akan menyebabkan proses pencernaan tidak tuntas? Ketidatuntasan proses pencernaan itu membutuhkan waktu lebih dari satu kali untuk BAB. Selain bolak-balik ke kamar kecil, perut juga akan terasa begah dan tidak nyaman.

Idealnya, seseorang harus membuang kotoran setidaknya satu kali dalam sehari, kalau kamu tidak BAB sekali saja berarti kamu patut waspada. Nah, ternyata ada waktu-waktu terbaik untuk menyalurkan hajat alam ini. Mau tahu? Simak penjelasan berikut ini ya.

Menurut dr. Kenneth Koch, Kepala Gastroentologi di Wake Forest Baptist Medical Center, waktu yang terbaik untuk buang air besar adalah saat pagi hari. Koch menjelaskan bahwa tujuan BAB di pagi hari adalah untuk membuang residu dari makanan yang dikonsumsi di malam sebelumnya. Ketika kamu tidur, pencernaan sibuk mencerna makanan yang kamu konsumsi sebelumnya. Karena hal tersebut, sisa pencernaan nantinya akan dibuang pada pagi hari berikutnya. Faktanya, tubuh siap mengeluarkan kotoran 30 menit sebelum kamu terbangun.

Kalau kamu masih belum dapat membiasakan tubuhmu untuk membuang kotoran di pagi hari, tips dari NgeHits di bawah ini dapat membantu.

1. Minum Kopi

Coffee-and-Breakfast

Dikutip dari Huffington Post, kopi ternyata mengandung sejumlah kafein yang dapat menstimulasi pergerakan usus besar sehingga memicu rasa mulas. Maka tidak heran setelah minum kopi perutmu akan bereaksi dan berhasil membuatmu membuang hajat di pagi hari.

2. Konsumsi Air Lemon Hangat

lemonadeMinuman kedua yang dapat membantumu untuk memperlancar BAB adalah air lemon hangat. Mengonsumsi jus lemon hangat secara teratur dapat merangsang saluran pencernaan dan gerak peristaltik dalam dinding usus sehingga membantu mengeluarkan sampah secara lebih efisien, dan menyembuhkan sembelit.

3. Sarapan

Sarapan via bfresh-magazine
Sarapan via bfresh-magazine

Koch juga menyarankan kita untuk tidak melewatkan sarapan. Menurutnya, sarapan dapat mendorong sisa pencernaan untuk dapat BAB di pagi hari terutama sarapan dengan menu tinggi serat dan dilengkapi dengan secangkir kopi.