Uniknya cara India menghentikan pengemudi yang suka ngebut

India adalah salah satu negara yang dianggap berbahaya di dunia, jika meniliknya dari sisi bagaimana lalu lintas di sana. Pada tahun 2007 saja, lebih dari 130.ooo orang meregang nyawa di jalanan, jumlah ini melebihi jumlah yang ada di manapun. Yang mengerikan, 85% dari angka tersebut adalah pejalan kaki dan pengguna sepeda. Apa yang salah dengan lalu lintas di India?

Ketimbang mencari apa yang salah, Menteri Transportasi Jalan & Bina Marga dan Pelayaran, Nitin Gadkari membuat sebuah cara unik untuk melambatkan pengemudi yang ngebut, setidaknya ketika mereka di dekat zebra cross atau jalan untuk menyeberang. Apa yang Nitin Gadkari lakukan?

Nitin Gadkari sedang melakukan uji coba dengan mengganti jalan penyeberangan biasa dengan yang 3 dimensi. Ia berharap dengan zebra cross 3D seperti ini para pelanggar batas kecepatan alias tukang ngebut akan melambat. Dengan begitu angka kematian atau kecelakaan lalu lintas bisa ditekan.

via Xinhuanet com
via Xinhuanet.com

Ide ini muncul setelah keputusan yang dibuat awal bulan April ini yaitu untuk menghapus semua speed breaker atau polisi tidur di jalan raya seluruh India. Menurutnya, polisi tidur juga bisa membahayakan pengemudi yang ngebut. Karena itulah pemerintah setempat mulai mencari alternatif yang lebih aman.

via Cri cn
via Cri.cn

Pemerintah berharap dengan adanya cara alternatif ini, angka kematian di jalanan di seluruh India bisa berkurang. Apalagi India ternyata adalah negara dengan angka kematian karena kecelakaan paling banyak di dunia.

via Reddit madbutcher
via Reddit/madbutcher

Hmm.. Apakah menurutmu cara ini bisa membuat tukang ngebut jadi bisa lebih lambat? Atau malah bakal jadi ajang selfie seperti foto di atas ini?