Walaupun aneh, 6 hari libur di dunia ini tetap dinanti masyarakatnya

Tanggal merah adalah tanggal yang selalu dinanti-nanti semua orang. Apalagi kalau tanggal merahnya diikuti hari Sabtu dan Minggu. Surgaaaaaa! Nggak cuma orang Indonesia aja yang punya tanggal merah atau hari libur nasional. Negara lain juga punya kok hari libur nasional. Lucunya lagi beberapa negara punya hari libur nasional yang terbilang unik. Mau tahu apa aja itu? Simak terus yuk!

1. Korean Alphabet Day

Hangul via dliflc
Hangul via dliflc

Siapa sih yang nggak kenal dengan negeri produsen KPop dan cewek-cewek cakep ini? Kamu juga pasti tahu kan serial Descendants of The Sun yang barusan tamat? Tahu juga kan tentang Hangul, huruf yang digunakan di Korea Selatan? Setiap tanggal 9 Oktober, warga Korea Selatan merayakan Hari Hangul. Selain tanggal 9 Oktober, tanggal 15 Januari juga dirayakan sebagai Hari huruf gul Terpilih. Coba di Indonesia diadakan hari Hanacaraka ya.

2. Hari Hujan Berkah

Hujan via whakatanebeacon
Hujan via whakatanebeacon

Peringatan Hari Hujan Berkah ini merupakan hari libur nasional di Bhutan. Antara tanggal 20 hingga 25 September dalam kalender Gregorian, masyarakat Bhutan akan mandi air alami yang sudah dimurnikan secara mistis diluar ruangan. Acara ini dipimpin oleh kepala biara yang akan memutuskan jam berapa acara mandi ini dimulai. Namun, bagi mereka yang tidak bisa mengikuti acara tersebut pada jam yang telah ditentukan, mereka bisa mandi di pagi hari sebelum matahari terbit.

3. Hari Tanda Baca Nasional

Koma dapat menyelamatkan nyawa via teachingchannel
Koma dapat menyelamatkan nyawa via teachingchannel

Hari Tanda Baca Nasional ini dirayakan setiap tanggal 24 September di Amerika. Hari Tanda Baca Nasional ini dicetuskan oleh Jeff Robin yang juga mengelola situs National Punctuation Day. Hari libur nasional ini dirayakan dengan membaca koran dan mencari-cari kesalahan tanda baca yang bisa ditemukan dan memperhatikan tanda-tanda toko yang menggunakan tanda baca yang salah.

4. Hari Bermuda

Parade Hari Bermuda via bernews
Parade Hari Bermuda via bernews

Libur nasional ini dirayakan di Kepulauan Bermuda pada tanggal 24 Mei tiap tahunnya. Tujuan adanya hari libur ini adalah untuk merayakan dipakainya celana bermuda sebagai pakaian bisnis. Selain itu, Hari Bermuda juga merupakan hari pertama, dimana penduduknya boleh mulai berenang di laut setelah musim dingin. Sebuah parade juga diadakan untuk meramaikan Hari Bermuda ini.

5. Hari Melon

Melon via turkmenistaninfo
Melon via turkmenistaninfo

Setiap Hari Minggu minggu ke dua, penduduk Turkmenistan merayakan Hari Melon. Hari libur ini bertujuan agar penduduk Turkmenistan selalu mengingat-ingat bahwa negara mereka adalah penghasil melon terbaik di dunia. Melon tersebut diberi nama Turkmenbashi melon, yang diambil dari nama presiden pertama Turkmenistan. Rakyat Turkmenistan percaya bahwa melon mereka mempunyai rasa yang tak ada duanya di dunia.

6. Hari Obama

Obama via nation
Obama via nation

Di Kenya, Obama dianggap sebagai pahlawan nasional. Penduduk Kenya memperingati Hari Obama setiap tanggal 6 November sejak tahun 2008 silam. Warga Kenya akan mengadakan pesta dan berbagai bentuk macam perayaan lainnya. Selain dilakukan di Kenya, Hari Obama ini juga diadakan di Perry County, Alabama.

Gimana Anak Hits? Unik nggak hari libur nasional di berbagai negara tersebut? Kalau hari libur di Indonesia, mana yang menurutmu unik?