Makanan – makanan ini bisa cegah kentut mendadak

Makanan sehat umumnya mengandung banyak serat yang bagus untuk kesehatan. Namun tahukah Anda bahwa serat bisa membuat perut terasa tak nyaman dan memancing terjadinya kentut? Tentu ini bisa jadi sesuatu yang memalukan, terutama jika Anda harus bertemu dengan banyak orang dalam kegiatan sehari-hari.

Kali ini, NgeHits akan membahas beberapa jenis makanan yang bisa mencegah terjadinya gas kentut. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghindari kentut, antara lain dengan bersendawa atau minum banyak air. Namun ada baiknya jika kita juga mengonsumsi makanan yang tak membuat tubuh menghasilkan gas berlebih.

Penasaran? Berikut daftar lengkapnya.

1. Jahe

jaheJahe bisa membantu menenangkan perut dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Bahan makanan satu ini bisa menjadi penyelamat Anda di situasi terjepit. Yang perlu dilakukan hanyalah mencampurkannya dalam teh hangat. Hal tersebut akan membuat Anda terhindar dari perut kembung atau kentut.

2. Susu

susuLaktosa yang ada dalam produk berbahan dasar susu akan membantu meningkatkan gas yang ada di dalam perut, terutama jika dikonsumsi berlebihan. Untuk menghindari ini, ada baiknya susu beras atau susu gandum.

3. Kayu manis

kayu manisIni adalah salah satu bahan makanan terbaik untuk melawan produksi gas dalam tubuh. Kayu manis mengandung komponen anti-inflamasi, yang akan membantu meredam produksi gas di perut dan juga memperlancar metabolisme serta proses pencernaan. Yang perlu dilakukan hanyalah menaburkan sedikit bubuk kayu manis dalam kopi yang Anda seduh.

4. Nanas

nanasBuah Nanas memiliki kandungan enzim khusus yang dikenal dengan nama bromelain. Zat ini membantu memecah protein yang ada di dalam tubuh dan membantu mempercepat proses penyerapan makanan, dan pada gilirannya, mencegah terbentuknya gas di dalam perut.

5. Air

air putihAir bisa membantu Anda membersihkan sistem pencernaan dengan menghilangkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh dan membantu makanan diserap lebih cepat. Sebisa mungkin minumlah banyak air ketika berkegiatan sehari-hari.

6. Kacang

kacangKacang dipenuhi dengan senyawa niacin, yang merupakan nutrien penting untuk mengatasi sistem pencernaan dengan aktivitas tinggi. Untuk menghindari terjadinya penumpukan gas di dalam perut, Anda bisa mengonsumsi sedikit kacang dalam sehari.

7. Lemon

lemonLemon adalah buah yang mengandung zat asam bersifat alami, dan amat bagus dalam mengatasi sistem pencernaan yang sedang tidak berjalan dengan baik. Caranya mudah, Anda hanya tinggal menuangkan air perasan jeruk lemon dalam segelas air hangat tiap hari dan pastikan meminumnya dalam kondisi perut kosong.